| Penyatuan Zona Waktu Indonesia? | 10.09.2012 | leave me ♥? |
barusan dapet broadcast tentang penyatuan zona waktu di Indonesia. firstly, aku kira itu nggak serius. terus buka link yang tercantum, Penyatuan Zona Waktu Pada 28 Oktober 2012 kok... kayanya serius. dan langsung berasa udik karena ortu-pun sudah tau menau tentang berita ini. berasa udik lagi karena tercantum tulisan di link itu kalo...
Kajian Zona Waktu +8 NKRI sudah dilakukan oleh Kementrian Riset dan Teknologi sejak 2004-2008...okay... aku udik, atau program ini emang dirahasiakan? sampe-sampe aku baru tau 19 hari sebelum hari-H. kalo memang semua bakal dijadiin GMT+8 pastinya bakal waktu penyesuaian yang cukup lama. why? karena susah banget untuk ngerubah kebiasaan orang-orang. jelas nggak sedikit orang di daerah WIB/WITA/WIT yang udah menghabiskan separuh waktu hidupnya terbiasa sama zona waktu yang sudah ada. sejak lahir.
jelas nggak cuma butuh waktu sebulan. dua bulan untuk menyesuaikan hal itu. buat yang dari awal udah GMT+8 mungkin nggak akan ada perubahan. tapi buat yang GMT+7 dan GMT+9? harus bangun lebih pagi dan boleh bangun lebih siang. orang-orang di daerah GMT+7 akan terus ngerasain pulang lebih pagi, eventhough sebenernya sama aja. di GMT+9, terpaksa harus pulang lebih siang, atau kerja sampe larut malem. jam pulangnya sih mungkin tetep... gerak semu matahari-nya gak akan bisa dirubah kan? tetep, walaupun jam nunjukin pukul 11 malem di Papua sana, keadaan sebenernya udah tengah malem.
terus juga pengaturan waktu shalat buat umat Islam. kalo setauku... patokannya keadaan alam, bukan jam #setauku. terus kalo pas bulan puasa juga... bisa-bisa yang di Papua buka puasa jam 5 sore, yang Bali jam 6 sore, dan yang Jawa... jam 7 malem *practically, jangka waktunya sama aja. tapi terdengar sangat lama*. butuh waktu sosialisasi.
mungkin Indonesia Barat dan Timur akan sedikit mengalami jet lag berkepanjangan kalo bener diganti jadi GMT+8 beneran. terus entah bakal gampang atau susah buat ganti mindset pelajar bahwa Indonesia, yang tadinya terdiri dari tiga zona waktu, bakal jadi cuma satu zona waktu.
entah... aku bayangin kalo waktunya di majuin satu jam tuh kesannya susah banget ._. harus bangun lebih pagi bayangkan x_x #males. bakal berpengaruh besar nggak ya buat worker-worker (kantoran, buruh, guru, etc.) di Indonesia? atau malah biasa aja ya? yang jelas, yang tadinya WIB harus majuin jam dinding, jam tangan, jam handphone dll. satu jam kalo nggak mau telat terus. yang tadinya WIT mundurin jam-nya satu jam kalo nggak mau nemenin Pak Bon bersih-bersih dulu sebelum sekolah (kalo Pak Bon-nya ternyata lebih pagi lagi ya... apa boleh buat).
tapi ya, mungkin hal ini juga nggak akan berpengaruh banyak/sama sekali buat suku-suku bangsa di Indonesia yang bener-bener menggantungkan hidupnya sama keadaan alam. berangkat kerja kalo udah terang, pulang kalo udah gelap. yang nggak masang jam dinding di rumahnya. pergantian jam tentu nggak akan mempengaruhi mereka kan...
tapi ya... kalo aku pribadi kayanya bakal mengalami jetlag sebulan dua bulan deh. maklum...
ataukah ini semua sekedar hoax? #kemudianhening #udahnulispanjanglebar
Labels: Indonesia, lil serious